Youtube Go: Download Video YouTube Resmi! Tanpa Bajakan

Categories Teknologi

Meski sampai saat ini saya masih bertanya, kenapa kita harus tahu cara download video youtube resmi? Toh apa sih bedanya dengan yang bajakan. Dua-duanya hasil akhirnya sama, sama-sama memperoleh video yang bisa disimpan dan dapat diputar di mana saja kapan saja, tanpa perlu streamingan lagi.

Lagi pula, kalau dikaitkan dengan kebijakan youtube, yang menyebutkan bahwa mereka tidak melengkapi aplikasi youtube dengan fitur download karena ingin melindungi hak cipta video yang ada di youtube. Tapi kalau akhirnya mereka mengeluarkan juga aplikasi yang bisa buat download video youtube. Apa gunakanya kebijakan yang dulu pernah dibuat?

Tapi ya bagaimana lagi, sejak diakuisisi oleh Google tahun 2006 silam, Youtube jadi salah satu situs paling populer.  Ia menjadi situs yang paling digemari untuk berbagi dan melihat video diseluruh dunia. Bahkan menurut beberapa laporan terpercaya, ada sekitar 300 video terupload di Youtube tiap menitnya. Dan ada 5 milyar video ditonton tiap hari. Maka dengan fakta semacam itu, kini Youtube merilis aplikasi baru yang bisa digunakan untuk download video Youtube resmi.

Aplikasi itu bernama Youtube Go

Aplikasi yang diberi nama Youtube Go menjadi aplikasi yang bisa kamu gunakan jika ingin emndapatkan video di youtube secara resmi. Menurut saya, Youtube akhir-akhir ini sepertinya terus mengembangkan fitur-fitur dan aplikasi untuk melengkapi keberadaan situs Youtube. Sebut saja Youtube khusus anak dan juga fitur tonton offline yang ada di aplikasi youtube.

Nah kalau Youtube Go, sepertinya digunakan youtube untuk melengkapi fitur yang tidak ada pada aplikasi youtube. Jika Youtube hanya memiliki fitur tonton offline, dimana kita harus download video tetapi videonya tidak bisa kita putar selain pada aplikasi youtube, pada Youtube Go sepertinya berbeda. Kita bahkan bisa membagikan video yang telah kita download.

Cara Download Video Youtube Resmi Dengan Youtube Go

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Youtube Go sebagai pilihan bijak kamu dalam mendownload video, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:

  1. Download dan lauching aplikasi Youtube Go

Syarat pertama, kamu harus memiliki dulu aplikasi bernama Youtube GO. Kamu bisa mendapatkanya di Google Play Store secara gratis. Sekadar informasi saja, aplikasi ini dikembangkan secara resmi oleh pihak Google. Jadi kalau ada aplikasi lain dengan nama yang sama tetapi pengembangnya bukan Google, berarti bukan itu aplikasinya. Ukuran aplikasinya standar. Jika kamu telah selesai mendownload, langsung saja instal dan jalankan aplikasi Youtube Go.

  1. Verifikasi Akun

Begitu telah selesai kamu instal, kamu bakal menerima balasan untuk memilih bahasa dan memasukkan alamat email serta handphoe. Berguna sebagai verifikasi akun kamu. Gunakan nomor aktif dan email aktif ya, ini berguna untuk kamu agar kamu bisa terhubung dengan akun Youtube.

  1. Cari Video dan Download

Kalau sudah terverifikasi, silakan kamu cari video yang kamu inginkan. Bebas mau video apa saja. Setelah ketemu video yang kamu inginkan, tekan saja pilihan download yang tersedia.

  1. Tunggu Hingga Proses Download Selesai

Sebelum mendownload, kamu bakal disuguhi berbagai pilihan ukuran file. Silakan kamu pilih yang kamu mau. Lebih kecil filenya, tentu downloadnya lebih cepat. Cuma kualitas videonya tidak sebagus yang besar. Jadi pilih yang standar saja. setelah kamu pilih, maka yang kamu lakukan hanya menunggu hingga proses selesai. Baru kalau sudah selesai, kamu bisa tonton video dimana saja dan kapan saja tanpa takut kehabisan kuota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *