Alergi Hewan, Jenis Alergi yang Membuat Hidung Gampang Meler

Categories Kesehatan dan Kecantikan

Alergi merupakan masalah kesehatan yang pemicunya bisa macam-macam. Meski kebanyakan orang mengasosiasikannya dengan makanan sebagai sumber alergi, jenis alergi sendiri ada macam-macam, termasuk juga alergi yang dipicu karena Anda tak tahan dengan bulu hewan. Ini terutama akan sangat terlihat ketika Anda mengunjungi teman atau keluarga yang memiliki hewan piaraan, maupun ketika Anda mulai memelihara hewan.

Jenis dari alergi satu ini sendiri biasanya dipicu karena protein yang bisa didapati dari sel kulit hewan, bulu hewan, air liurnya, dan juga urine yang dikeluarkannya. Ini yang membuat alergi terhadap hewan sulit dihindari jika inilah jenis dari alergi yang Anda miliki. Anjing dan kucing adalah tersangka utama, demikian juga dengan tikus. Gejalanya biasanya adalah sebagai berikut:

  • Bersin dan hidung yang meler
  • Mata yang merah, berair, dan gatal
  • Tenggorokan yang terasa gatal, dan biasanya juga disertai batuk
  • Wajah terasa seperti ada yang menekan atau nyeri
  • Kelopak mata jadi bengkak
  • Jika sudah parah, orang bisa mengalami sesak napas dan dada yang sesak

Anda sebaiknya menghindari hewan yang menjadi pemicu dari alergi Anda tersebut. Tapi ketika sudah tak terhindar kan lagi, maka pengobatan untuk alergi hewan bisa dilakukan dengan:

  1. Pemberian antihistamine

Antihistamine akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tenang, sehingga reaksi kimia yang dihasilkan tak terlalu besar. Ini bisa menghindarkan Anda dari gatal dan bersin.

  1. Immunotherapy

Adalah sistem yang melatih kekebalan tubuh agar tidak sensitif terhadap sumber alergi. Ini biasanya dilakukan dengan menyuntikkan alergi dalam dosis kecil dalam beberapa waktu tertentu ke tubuh, sehingga membuat tubuh terbiasa.

  1. Irigasi hidung

Untuk mengobati bersin dan sesak napas, pengairan terhadap lendir di sinus menggunakan air garam adalah hal yang bisa dilakukan dokter.

Cara terbaik untuk menghindari symptom jenis alergi ini pemicunya adalah dengan tidak memelihara hewan. Tapi hal ini mustahil jika Anda sendiri sudah memiliki hewan peliharaan, atau Anda tinggal di lingkungan yang penuh dengan hewan piaraan. Jadi buat Anda yang ada di situasi tersebut, harus kendalikan alergi dan bersiaplah ke dokter untuk meminta resep obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *