Korban Kelaparan dan Gizi Buruk Somalia, Membutuhkan Kita

Categories Informasi

Siapapun tentu ingin memiliki kenyamanan dan rasa aman di dalam kehidupan mereka. Semua orang akan sangat mengharapkan kedua hal ini selalu ada di dalam hidup mereka, bahkan meski harus berupaya keras untuk bisa mendapatkannya. Untuk sebagian besar dari kita, kedua hal di atas tentu bukanlah sebuah masalah rumit yang tidak mungkin untuk didapatkan, terutama jika kita memiliki kemampuan keuangan yang sangat baik dan memadai. Lalu, bagaimana dengan sejumlah penduduk Somalia yang justru untuk bertahan hidup saja telah begitu sulitnya, adakah rasa nyaman dan juga aman masih mereka miliki saat ini?

Kekeringan yang terjadi selama beberapa tahun belakangan ini telah membawa pergi semua rasa nyaman dan aman dari penduduk Somalia, sebab hingga kini sebagian besar dari mereka tengah dilanda kelaparan. Seolah tak cukup hingga di sana saja, masalah ini juga telah menimbulkan gizi buruk di Somalia, sebab jutaan penduduknya yang miskin telah menderita kelaparan selama kurun waktu yang cukup panjang. Menyedihkan, bagaimana ribuan nyawa menderita kelaparan yang panjang dan menjelang kematian mereka dalam kondisi tragis yang menyakitkan. Penduduk Somalia telah begitu menderita, bahkan masih saja mengalami hal yang sama hingga hari ini di sana.

Dari tahun ke tahun kondisi gizi buruk di Somalia semakin meningkat saja, ini dapat dilihat dari jumlah korban jiwa yang tak juga bisa diatasi dengan baik hingga kini. Beberapa media bahkan mengatakan bahwa ini adalah salah satu kondisi yang paling buruk yang pernah ada di dunia, di mana ribuan nyawa melayang setiap pekannya akibat kelaparan yang panjang. Dunia harus lebih peduli dan mau melakukan gerakan yang nyata untuk membantu mereka, agar penduduk di sana juga bisa bertahan hidup dan tidak lagi kelaparan. Jika ada banyak bantuan yang masuk ke wilayah ini, maka kondisi yang buruk ini akan bisa teratasi dengan segera. Meski tidak pulih dalam waktu yang singkat, namun setidaknya angka korban jiwa bisa ditekan menjadi lebih rendah dari sekarang. Mungkin akan butuh waktu yang panjang, mengingat wilayah ini memang telah begitu rusak dan masih membutuhkan banyak sekali pembenahan. Namun, semakin cepat bantuan datang, maka semakin banyak nyawa yang masih bisa diselamatkan.

Kita tidak hanya bisa jadi penonton saja, sebab Somalia juga membutuhkan bantuan dari kita semua. Salurkan donasi melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk saudara-saudara kita di Somalia, sehingga mereka bisa terbantu dan mendapatkan makanan yang layak. Selain itu, ACT juga membuka kesempatan bagi yang ingin ikut serta menjadi relawan, terutama bagi kita yang memiliki keahlian khusus dalam menangani masalah kemanusiaan, seperti tenaga medis dan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *