Tidak Ingin Cedera, Inilah Cara Pemanasan Yang Tepat Sebelum Olahraga

Categories Kesehatan dan Kecantikan, Olahraga

Tidak sedikit orang kadang-kadang meremehkan proses pemanasan atau warming up sebelum berolahraga. Padahal sebelum berolahraga pemanasan amatlah penting dan diperlukan demi persiapan tubuh Anda. Pasalnya, Anda berisiko mendapatkan cedera akan semakin tinggi bila pemanasannya tidak tepat. Lalu seperti apa cara pemanasan yang tepat sebelum olahraga?

Seringkali kita lupa menjalankan bagian pemanasan sebab sangat bersemangat untuk mulai melakukan olahraga. Nyatanya melakukan pemanasan sebelum berolahraga itu sama pentingnya dengan melakukan olahraganya itu sendiri. Jika tubuh Anda tidak siap, Olahraga malah akan mencelakakan tubuh Anda bila tubuh Anda sendiri tidak bersedia melakukannya. Terlebih bila jenis olahraga yang dilakukan merupakan jenis olahraga berat, seperti sepakbola, angkat besi, tenis, bulutangkis atau futsal.

Baca Juga : Resep Masakan Rumah Lezat, Dengan Aneka Bumbu Alami

Anda akan menemui banyak masalah tanpa melakukan pemanasan. Pertama, Anda berisiko tidak maksimum ketika melakukan olahraga karena tubuh Anda belum relatif panas untuk berfungsi secara maksimal. Kedua, cara pemulihannya juga akan lama terjadi bila Anda menghadapi cedera. Kecuali itu, olahraga tidak dengan pemanasan pula tidaklah sehat untuk jantung.

Berikut cara pemanasan yang tepat sebelum olahraga dilakukan:

Berjalan kaki

Lakukanlah pemanasan, setidaknya dengan berjalan kaki beberapa langkah saja sebelum olahraga dimulai. Hal tersebut amat menolong dalam jalannya persiapan tubuh untuk secara intens menjalankan gerakan-gerakan fisik.

Putar dan Peregangan

Gerakan ini memiliki tujuan utama untuk meregangkan dan melonggarkan bagian tubuh secara halus. Awalilah dari bagian kaki ke arah bagian tangan ataupun sebaliknya. Seluruh bagian tubuh diregangkan dengan cara pelan-pelan. Tangan beserta pergelangan tangan diputar. Disamping itu, jangan ketinggalan untuk memutar pinggang secara halus sejalan jarum jam dan sebaliknya.

Jogging di Tempat

Selama beberapa menit melakukan jogging di tempat. Kiat ini akan membuat jantung Anda terpompa sehingga tubuh menjadi siap dalam menjalankan kegiatan fisik.

Jumping Jack

Lakukanlah jumping jack minimal sebanyak 25 kali yang akan membuat tubuh Anda siap untuk melakukan aktivitas fisik. Dengan penuh semangat lompatlah setinggi-tingginya hingga semakin mendorong tingkat antusiasme Anda.

Artikel Terpopuler : Promo Kecantikan Spesial untuk Rambut Indah Menawan

Squats Tanpa Beban

Lakukanlah squat tanpa adanya beban dengan beberapa kali pengulangan. Gerakan ini akan membuat kaki Anda hangat dan siap untuk berolahraga. Selain itu, kaki Anda pun akan siap buat menjalani olahraga terus-menerus.

Nah, itu tadi cara pemanasan yang tepat sebelum olahraga dengan melakukan beberapa gerakan dari jenis-jenis pemanasan tersebut di atas supaya otot-otot tubuh Anda tidak tegang dan kaget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *