Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Mobil yang Mogok di Tengah Jalan

Categories Otomotif

Ada banyak hal yang bisa membuat pengendara mobil jadi panik. Selain menghadapi medan jalan yang menantang, kondisi mobil yang mogok di tengah jalan juga kerap menimbulkan kepanikan. Wajar sih jika hal ini pernah terjadi pada kita. Tetapi lain kali kita harus lebih tenang agar bisa mencari solusi terbaik.

Kalau kita pernah merasa kapok dengan pengalaman mobil mogok di tengah jalan, berarti kita wajib mengetahui cara mengatasinya. Yuk simak dulu beberapa cara mengatasi mobil mogok di tengah jalan berikut ini :

Mendorong Mobil ke Bahu Jalan

Jangan sampai kondisi mobil mogok yang kita alami malah menyebabkan kemacetan. Ketika mobil mogok, kita mesti berinisiatif untuk mendorong mobil tersebut ke bahu jalan. Kita bisa meminta bantuan dari polisi lalu lintas, staf dinas perhubungan, atau orang lain yang sedang berada di jalan. Agar proses pemindahan mobil berlangsung lebih cepat.

Memeriksa Arus Listrik pada Mobil

Aki yang sudah lemah sering menjadi penyebab mogoknya mobil ketika dikendarai. Jadi, cobalah untuk langsung memeriksa bagian aki tersebut saat mobil kita mogok. Agar kita bisa mengatasinya dengan cara membeli aki baru atau melakukan proses charging dalam waktu singkat.

Pastikan Kalau Bahan Bakarnya Masih Ada

Mobil yang kehabisan bensin tentu akan mengalami mogok secara tiba-tiba. Supaya hal ini tidak terjadi pada kita, maka sebaiknya kita tidak selalu menunda pengisian bensin. Jangan biarkan jumlah bensin berada pada batas terbawah. Segera lakukan pengisian terutama jika kita sering menempuh perjalanan di tempat yang macet.

Mengecek Bagian Radiator

Radiator yang mengering akan membuat temperatur mobil meningkat pesat. Akibatnya, mobil akan menjadi sangat panas dan mogok. Isilah air radiator jika tangkinya sudah kosong. Kita juga bisa mendinginkan tangki radiator dengan handuk atau kain micro fiber yang sudah dibasahi. Cara ini akan membuat mobil lekas pulih dan siap dikendarai lagi.

Bila mobil mengalami kerusakan parah saat mogok, jangan lupa untuk segera mengurus klaim asuransi kendaraan. Jangan sampai kita terlambat melakukan klaim sehingga perusahaan asuransi tidak dapat memproteksi kondisi mobil kita. Karena biasanya perusahaan asuransi memiliki ketentuan mengenai waktu klaim yang harus diajukan.

Sementara itu, jika kita belum memiliki asuransi kendaraan, kita bisa mendapatkannya di Futuready. Yuk segera akses https://www.futuready.com/asuransi/produk/mobil/ untuk mendapatkan informasi seputar asuransi kendaraan terbaik. Futuready adalah supermarket asuransi terpercaya dengan pilihan asuransi yang sangat variatif. Jadi, jangan buang-buang waktu lagi untuk segera memiliki asuransi kendaraan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *