3 Langkah Tepat Dalam Mengatasi PC Yang Sering Restart Sendiri

Categories Teknologi

Bisa dikatakan bahwa saat ini PC alias komputer, sudah menjadi kebutuhan hidup manusia, terlebih bagi orang-orang yang kariernya berhubungan langsung dengan PC. Meskipun kita sering bergelut didepan layar komputer, namun tak sedikit dari kita yang tidak mengetahui penyebab utama dari PC yang selalu merestart dengan sendirinya. Tentu saja PC yang sering merestart sendiri kerap membuat kita jengkel. Bayangkan saja, data-data dan dokumen penting yang telah kita kerjakan dengan susah payah itu belum sempat disave alias tersimpan.

Alhasil, kita pun harus mengulang kembali pekerjaan itu dari awal. Bahkan, saat kita hendak memakainya  lagi, PC-nya itu sering mengalami restart sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi PC restart tersebut ? Nah bagi anda yang belum mengetahui caranya, berikut dibawah ini ada 3 langkah tepat dalam mengatasi PC yang sering restart sendiri :

  1. Bisa Jadi Processor Mengalami Overheat

Saat kita menggunakan komputer dengan waktu yang cukup lama, otomatis temperatur pada processornya akan mengalami overheat alias kepanasan. Perlu anda ketahui, bahwa processor yang overheat itu merupakan penyebab utama dari PC yang sering mengalami restart. Bahkan, keadaan ini tak jarang membuat komputernya akan mati total. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya anda untuk memeriksa Fan (kipas angin) terlebih dahulu. Fan dalam keadaan kotor dan penuh debu akan menghambat proses pendinginan pada temperatur processor. Jika sudah demikian, bersihkan Fan-nya sampai benar-benar bersih. Apabila fan-nya memang rusak, itu artinya anda harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Coba Cek Power Supply-nya

Power supply yang sudah lama tidak diganti, bisa menyebabkan daya PSU-nya menjadi tidak stabil. Tentu saja hal itu akan berimbas pada PC, sehingga ia sering mengalami restart dengan sendirinya. Sedari itu, tidak ada cara lain lagi selain mengganti Power supply yang lama dengan power supply yang baru.

  1. Bisa Jadi RAM-nya Bermasalah

RAM memang tidak ada kaitannya dengan temperatur pada PC. Namun tahukah kamu ? RAM yang bermasalah juga bisa menyebabkan PC mengalami restart dengan sendirinya. Biasanya, akan muncul blue screen pada layar yang diakhiri dengan merestart. Untuk mengatasinya, cabut RAM tersebut kemudian bersihkan bagian gigi-giginya. Setelah itu tancapkan kembali ke PC-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *