7 Sinyal SOS Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung

Categories Wisata

Hasil gambar untuk reservasi.com mendaki

Kamu pastinya tahu jika mendaki gunung bukanlah perkara mudah, karena kamu harus mempersiapkan segalanya, mulai dari cari tiket pesawat murah ke luar negeri ataupun dalam negeri, sesuai destinasi tujuan, atau cek tiket lion air di Reservasi.com, serta mempersiapkan hal yang lainnya.

Tak hanya itu saja, namun saat mendaki kamu akan dihadapkan oleh berbagai tantangan dan rintangan. Saat kamu menghadapi masa-masa genting ataupun darurat, kamu bisa mempraktikkan sinyal SOS umum seperti berikut di bawah ini:

     Suara

Tentunya selain berteriak meminta pertolongan, sinyal suara lain yang bisa kamu gunakan saat darurat adalah dengan menggunakan peluit.

Selain lebih keras, peluit dapat terdengar hingga jarak 1,6 km. Dalam keadaan darurat, gunakan sandi morse dalam meniup peluit untuk memberi sinyal SOS kepada tim penyelamat yaitu tiga bunyi pendek, tiga bunyi panjang, dan tiga bunyi pendek lagi (…—…). Sinyal ini telah disepakati oleh berbagai perjanjian internasional perihal keadaan darurat.

     Asap

Jika kamu tersesat di siang hari, buatlah asap untuk menarik perhatian. Kamu bisa membuat warna kepulan asap yang kontras dengan latar di sekitarmu. Saat kamu sedang di tanah lapang yang berwarna gelap, kamu bisa membuat asap putih dengan membakar sebagian dedaunan hijau, lumut, atau tambahkan sedikit air karena bahan-bahan ini akan memproduksi asap putih.

Tapi jika kamu berada di tempat yang terang, buatlah asap gelap dengan menggunakan karet, plastik, atau pakaian. Namun sayangnya, sinyal  ini hanya efektif saat cuaca sedang cerah atau sedang tidak hujan dan saat sedang tidak diterpa angin yang kencang.

     Kain

Jika kamu tersesat, kamu bisa mengandalkan kain. Kain dengan warna yang kontras dengan lingkungan kamu atau warna yang kontras dengan pohon.

Pasalnya dengan meletakkan kain berwarna kontras tersebut di atas pohon atau bisa juga letakkan pada tanah lapang, hal tersebut akan terlihat dengan jelas, sehingga tim penyelamat udara akan segera mengetahui keberadaan kamu.

Selain itu, kamu dapat meninggalkan jejak dengan menyobek sedikit kain dan mengikatnya pada batang pohon. Ini berguna bila tim pencarian darat sedang mencari kamu.

     Api

Api adalah sinyal visual yang sangat efektif kala hari telah gelap. Untuk membuat sinyal ini memang tidak mudah, karena kamu harus membuat tiga api unggun yang membentuk segitiga atau pada sebuah garis lurus masing-masing 25 meter jaraknya antar api.

Sinyal seperti ini menandakan bahwa seseorang yang membuat api unggun tersebut sedang mengalami kesulitan. Namun sinyal seperti ini sangat sulit jika kamu lakukan jika sendirian, jadi misalkan kamu sedang sendiri kamu bisa gunakan satu sinyal api saja dan jaga dengan baik.

Sebelum membuat sinyal api ini ada baiknya kamu memilih tempat api unggun yang terbuka, dan pastikan tidak tertutup pohon lebat sehingga sinyal SOS kamu bisa terlihat pantauan udara.

Jika kamu hanya memiliki sedikit kayu untuk dibakar, carilah pohon untuk dibakar. Bakar kayu yang kamu punya di bagian bawahnya sehingga api akan merambat. Lalu sebelum api mati, kamu sebaiknya mencari ranting, daun, atau bahan yang mudah menyulut api lainnya.

Jika ingin membakar pohon (dalam kondisi darurat), pilihlah satu pohon dan pastikan pohon ini berjauhan di antara yang lain untuk menghindari adanya kebakaran hutan.

     Cermin

Sinyal cermin ini sangat efektif jika digunakan pada siang hari. Namun jika kamu tidak memiliki cermin, carilah benda-benda yang memiliki refleks terhadap cahaya matahari seperti kaleng soda, sabuk yang mengkilat, atau benda-benda lain yang serupa.

Sebaiknya kamu memperhatikan di mana matahari berada dan pesawat penyelamat berada. Pastikan pantulan yang dibuat cermin mengarah kepada pesawat.

Jika kamu susah menemukan di mana pesawat berada, arahkan pantulan cermin pada bunyi pesawat tersebut. Ingat, jika kondisi sekitarmu berkabut, carilah spot yang bersih. Pilot telah melaporkan bahwa ia dapat melihat cermin berkedip sampai 160 km jauhnya (jika dalam kondisi ideal).

     Cahaya

Lampu senter selain berguna untuk menerangi jalan, dapat pula digunakan dalam kondisi darurat. Jika kamu tersesat, gunakan lampu senter untuk mengirim sinyal SOS. Caranya dengan mengedipkan lampu senter kamu sebanyak 60 kali per menit.

Dengan mengedipkan sejumlah itu berarti menandakan bahwa kamu memang membutuhkan bantuan, bukan dikira ancaman akan terjadinya penembakan terhadap pesawat.

     Benda-benda alami

Saat kamu bingung dan tak punya cara lain, kamu bisa menggunakan benda-benda alam untuk membuat ataupun mengirimkan sinyal yang dapat dilihat melalui udara. Caranya sangat mudah kamu bisa membuat gundukan dengan menggunakan tanah, dedaunan, batu-batu atau apa pun sehingga membuat bayangan.

Gundukan ini menandakan bahwa ada seseorang di sana sehingga tim penyelamat akan mengerti dan bayangan pada gundukan itu memberikan sinyal yang terlihat lebih besar. Kamu bisa membuat gundukan yang melintang utara-selatan untuk mendapatkan fungsi bayangan dari matahari secara maksimal karena peredaran matahari adalah dari timur ke barat.

**

Semoga saja tidak ada rintangan yang kamu hadapi saat mendaki ya, jadi kamu tidak perlu menggunakan sinyal-sinyal tersebut.

Untuk kamu yang lagi cari tiket pesawat murah ke luar negeri maupun dalam negeri, kamu bisa dapatkan di Reservasi.com. Tak hanya diberikan kemudahan untuk cari tiket pesawat murah ke luar negeri dan dalam negeri, namun kamu juga bisa diberikan kemudahan untuk cek tiket Lion Air di Reservasi.com.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *