Beberapa Aplikasi Untuk Melihat Tagihan Listrik

Categories Uncategorized

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena hampir semua aktivitas sehari-sehari tidak terlepas dari peran listrik ini. Misalnya untuk menyalakan lampu, nonton tv, mengecas ponsel, dan lain sebagainya. Setelah anda menikmati semua itu, anda dikenakan kewajiban untuk membayar tagihan listrik tersebut perbulannya. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui tagihan listrik anda perbulannya? Berikut beberapa aplikasi untuk cek tagihan PLN :

  1. Aplikasi Cek Tagihan Listrik & Reminder

Aplikasi ini memiliki fitur pengingat atau reminder yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Caranya : anda bisa login dengan ID pelanggan PLN, lalu anda akan mendapatkan informasi tagihan detail berupa tagihan bual berjalan dan bulan sebelumnya. Sedangkan untuk fitur reminder, anda bisa setting sesuai dengan tanggal dimana anda harus membayar tagihan listrik, dan secara otomatis akan muncul notifikasi.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik via Telepon

Cara mengecek tagihan listrik dengan menggunakan panggilan telepon sangatlah mudah. Dimana, anda hanya tinggal tinggal menghubungi customer service PLN serta menanyakan langsung soal tagihan listrik tersebut. Adapun caranya adalah sebagai berikut : Pertama, lakukan panggilan ke call centre PLN di 123, dan jangan lupa untuk mencantumkan kode area. Misalnya, Bandung, berarti telepon ke (022) – 123. Lalu ikuti petunjuk dari operator. Perlu anda ketahui, bahwa untuk melakukan panggilan ke call centre PLN ini dikenakan tarif telepon normal alias tidak gratis.  Cara cek tagihan listrik seperti ini bisa anda lakukan kapan saja, karena call centre PLN ini selalu siap sedia selama 24 jam nonstop.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik via Langganan Email PLN

Selain dengan cara yang diatas, anda juga bisa mendapatkan informasi tentang tagihan listrik dengan menggunakan email. Supaya anda bisa memiliki email berupa e-blling yang berupa tagihan listrik, terlebih dahulu anda harus mendaftar di e-billing PLN. Caranya adalah kalau dulu bisa langsung mendaftar pada website PLN, namun sekarang karena ada perubahan antarmuka laman resmi PLN tersebut, anda bisa menanyakan hal tersebut lewat email di pln123@pln.co.id, atau via akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123.

  1. Aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan

Aplikasi ini dikhususkan bagi pelanggan pasca bayar yang membayar biaya listrik tiap bulannya. Adapun cara penggunaannya adalah : cukup anda inputkan nomor ID pelanggan PLN dan detail tagihan akan muncul. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan tiap detail tagihan untuk bulan berjalan, sehingga laporan yang didapat lebih valid.

  1. Aplikasi BebasBayar

Untuk membayar tagihan listrik ini, anda bisa membayarnya secara online di BebasBayar. Kelebihan membayar tagihan listrik dengan menggunakan BebasBayar ini adalah setiap transaksi anda bisa mendapatkan cashback. Selain itu, tidak ada minimal nominal, maupun maksimal setiap penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi BebasBayar, anda bisa dengan mudah untuk melakukan pembayaran listrik secara online dan menguntungkan. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa langsung melakukan pembayaran tagihan listrik online. Jadi, anda tidak usah repot-repot lagi untuk keluar rumah hanya sekedar membayar listrik. Dalam hal ini, yang perlu anda lakukan setelah pendaftaran adalah dengan mengisi saldo BebasBayar anda, supaya bisa digunakan untuk mengecek berapa jumlah tagihan listrik PLN serta anda bisa langsung melakukan pembayaran listrik maupun pembelian token PLN.

Adapun cara cek dan bayar tagihan listrik PLN via BebasBayar adalah sebagai berikut :

– Pertama login melalui web atau aplikasi BebasBayar. Daftar gratis jika anda belum memiliki akun.

– Kemudian pilih menu PLN.

– Lalu pilih Listrik Pascabayar.

– Kemudian masukkan Nomor Pelanggan PLN, lalu pilih Lanjutkan.

– Pada halaman berikutnya, akan muncul jumlah tagihan listrik dari nomor yang anda cek tadi.

– Setelah itu klik Bayar untuk menyelesaikan pembayaran tagihan listrik PLN.

Demikianlah informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *