Beberapa Pulau Yang Dijadikan Destinasi Wisata Di Kalimantan Selatan

Categories Uncategorized

Kalimantan memang terkenal dengan banyaknya pulau-pulau kecil yang ada di sekelilingnya. Bahkan pulau-pulau tersebut banyak yang dijadikan destinasi wisata. Lalu pulau apa saja yang dijadikan destinasi wisata tersebut? Berikut beberapa pulau yang dijadikan destinasi wisata di Kalimantan Selatan : 

  1. Pulau Pamalikan

Memang Pulau Pamalikan ini memiliki luas wilayahnya yang tidak terlalu besar. Namun keindahan alamnya yang ditawarkan sangat menakjubkan. Sehingga tidak aneh kalau Pulau Pamalikan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang favorit di Kalimantan Selatan. Karena diatas air, Pulau Pamalikan ini memiliki banyak keindahan. Misalnya selain landskapnya yang unik, dimana yang sebagian pasir putih dan sebagian lainnya berbatu karang, namun banyak juga tumbuhan serta pepohonan tinggi sehingga anda bisa bersantai di pantainya. Selain itu, di pulau ini juga menjadi habitat bagi penyu sisik dan penyu hijau. Bahkan di sejumlah sudut pantai menjadi tempat bagi penyu-penyu tersebut untuk bertelur. 

Bukan hanya itu, di pulau ini anda bisa melakukan snorkeling sehingga anda bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya, yang berupa airnya yang sangat jernih dan banyak terumbu karangnya. Pulau Pamalikan ini berada di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Adapun rute perjalanannya adalah : Jika dari Pelabuhan Panjang Kotabaru, anda bisa menggunakan kapal perintis selama 8-12 jam ke Kecamatan Pulau Sembilan, lalu diteruskan dengankapal kecil ke pulau yang dituju.

  1. Pulau Samber Gelap

Memang namanya sangat serem, akan tetapi pulau tropis yang berada di ujung Kalimantan Selatan ini bisa menjadi surga bagi para wisatawan, terutama yang hobi melakukan snorkeling. Karena pulau ini memiliki keindahan alam bawah lautnya yang begitu mempesona. Selain itu, dengan memiliki kualitas air yang sangat jernih serta terumbu karang yang beragam dengan tekstur yang indah, tentunya bisa membuat kegiatan diving dan snorkeling menjadi lebih menyenangkan. Selain bisa melakukan diving maupun snorkeling, anda juga bisa bermain-main atau sekedar bersantai-santai di pantai. Karena pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Atau anda juga bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan konservasi penyu di pulau ini. Bahkan anda juga bisa memancing ikan, dengan ikan target utamanya adalah ikan Tenggiri. 

Pulau Sambar Gelap ini berada di Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Adapun rute menuju ke Pulau Sambar Gelap ini adalah : Jika dari pelabuhan Samudra Batulicin bisa menggunakan speedboat dengan lama perjalanan 2 jam. Sedangkan jika dari Banjarmasin, bisa menggunakan mobil ke Pagatan selama 5 jam, lalu dilanjutkan menggunakan kapal selama 8 jam.

  1. Pantai Birahbirahan

Memang di Kalimantan Selatan ini banyak sekali pulau-pulau yang sangat indah dan eksotik, salah satunya adalah Pantai Birahbirahan. Karena selian memiliki keindahan pantainya, pulau ini juga memiliki kenidahan alam bawah lautnya. Sehingga di pulau ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menarik, seperti memancing, diving, snorkeling, atau hanya sekedar bermain-main dan bersantai di pantai. Bukan hanya itu, anda juga bisa menyaksikan keindahan panorama sunset di tempat ini. 

Pulau Birahbirahan ini beralamat di Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Adapun cara menuju kesana : Jika dari pusat Kota Baru, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Tanjung Lalak, Kecamatan Pulau Laut Selatan selama kurang lebih 4-5 jam, hingga Dermaga Kenyamukan. Lalu dilanjutkan dengan menyewa perahu nelayan selama 8 jam dengan harga sewa Rp. 800.000 / perahu dengan kapasitas 25 orang.

Itulah beberapa pulau yang dijadikan destinasi wisata di Kalimantan Selatan. untuk mencari informasi harga transportasi ke Kalimantan Selatan, anda hanya tinggal buka aplikasi tiket seperti di situs online seperti Misteraladin.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *