Cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami

Categories Kesehatan dan Kecantikan

5 Cara Menyingkirkan Sakit Gigi Saat Tidur di Malam Hari

Obat rumahan adalah cara yang murah dan efektif untuk mengobati radang gusi. Jika bengkak pada gusi kalian tidak terlalu parah atau masih awal kalian bisa mengobatinya dnegan pengobatan rumahan yang bisa membuat gusi kalian lebih mendingan dari sebelumnya. Untuk mencegah terjadinya gusi bengkak, yaitu adalah pentingnya untuk merawat gigi yaitu dengan merawat plak gigi sebelum menjadi karang gigi cara mencegah terjadinya karang gigi yaitu kalian harus rajin sikat gigi, minimal sehari 2 kali dan juga kalian harus rajin Flossing (membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi). Jika gusi kalian sudah mengalami gusi bengkak, kalian bisa menggunakan bahan-bahan yang ada dirumah untuk meredakan bengkak pada gusi kalian, meskipun pengobatan rumahan mengandung bahan yang alami tetapi cara mengatasi gusi bengkak ini kalian tidak perlu menelannya, cukup dikumurkan dimulut saja. bahan-bahan yang dipakai untuk mengatasi gusi bengkak ini umumnya aman untuk digunakan. Tetapi jika kalian memiliki kondisi yang khusus seperti sedang hamil ataupun menyusui, sebaiknya kalian konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan bahan-bahan alami ini! ataupun kalian memiliki kondisi gusi yang sudah parah seperti terasa sakit yang hebat, pendarahan atau radang gusi yang sangat parah sebaiknya kalian langsung pergi ke dokter saja. obat rumahan ini hanya digunakan untuk kalian yang memiliki gusi bengkak yang masih ringan.

Ini dia bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak yang pasti tersedia selalu dirumah kalian:

  1. Garam

Untuk gusi bengkak atau radang gusi kalian bisa menggunakan pengobatan dengan air garam. Garam merupakan desinfektan alami yang membantu tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Air garam bisa menenangkan gusi yang sedang radang , meringankan rasa sakit, menbgurangi bakteri dan meredakan bau mulut, cara untuk membuat kumur air garam sebagai berikut:

  • Tambahkan ½ sampai ¾ sendok the garam ke dalam segelas air hangat
  • Aduk sampai larut
  • Kumurkan air garam kurang lebih selama 30 detik (jangan ditelan)
  • Bisa dilakukan dua kali dalam sehari
  1. Minyak serai (sereh)

Minyak sereh dapat digunakan sebagai pbat kumur bahkan penelitian menyebutkan bahwa minyak sereh ini lebih efektif dibandingkan dengan obat kumur konvensional yang pastinya juga sangat aman untuk kita gunakan.. untuk menggunakan minyak sereh sebagai obat kumur sebagai berikut:

  • Teteskan dua tetes minyak sereh ke dalam secangkir air
  • Aduk-aduk hingga minyak terlihat cukup menyebar pada air
  • Kumurkan di dalam mulut kurnag lebih selama 30 detik (jangan ditelan)
  • Ulangi sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari
  1. Aloe vera (lidah buaya)

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, lidah buaya memang memiliki khasiat yang sangat banyak yang memang sudah digunakan sejak lama untuk pengobatan beberapa penyakit. Salah satunya yaitu untuk mengobati masalah gusi bengkak yang disebabkan radang gusi, lidah buaya juga dapat mengurangi gejala radang gusi secara signifikan. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai ubat kumur sebagai berikut:

  • buat jus lidah buaya murni tanpa campuran air dengan cara lidah buaya di hancurkan oleh blender
  • kumurkan jus lidah buaya kurang lebih selama 30 detik (jangan ditelan)
  • kemudian kalian dapat berkumur dengan air

jangan lupa untuk memilih lidah buaya yang masih segar!

Bagaimana guys? Mudah sekali bukan cara mengatasi gusi bengkak, bahkan beberapa bahan yang dibutuhkan pasti kalian bisa menemukannya dirumah dengan mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *