Penyebab Gizi Buruk yang Terjadi Pada Anak

Penuhi 7 Zat Gizi Ini saat Hamil Jika Ingin Anak Cerdas!

Gizi buruk atau dalam bahasa medisnya disebut kwashiorkor, merupakan salah satu bentuk dari malnutrisi. Malnutrisi ini sering diartikan salah dalam memberikan nutrisi pada anak, sehingga anak mengalami gizi buruk. Pada dasarnya gizi buruk pada anak dapat diartikan, dimana anak tersebut kekurangan asupan makanan yang mengandung energi dan protein.

Padahal protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel baru. Jika Anak mengalami gizi buruk, maka dia akan lebih rentan terhadap penyakit. Bahkan penyakit ringan seperti flu akan sangat mudah menyerangnya. Maka dari itu, bunda membutuhkan obat flu untuk bayi yang di resepkan dokter, sehingga kesehatan anak dapat kembali pulih dan beraktifitas kembali.

Beberapa Faktor Penyebab Utama Gizi Buruk pada Anak

  1. Jarak usia kakak dan adik yang terlalu dekat

Jarak usia antara kakak dan adik yang terlalu dekat dapat mempengaruhi gizi buruk. Karena perhatian bunda ke kakak sudah banyak tersita dengan keberadaan adiknya, sehingga kakak menjadi kurang terurus dan jenis menu makanan yang di konsumsi kurang diperhatikan. Jika hal itu terus berlanjut, maka tubuh kakak akan menjadi semakin kurus dan menyebabkan kurang gizi.

  1. Kurangnya pengetahuan orangtua tentang gizi

Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai pentingnya gizi, maka hal itu menjadi penyebab utama terjadinya gizi buruk pada anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka orang tua harus memberikan makanan yang kaya akan nutrisi.

Makanan bergizi itu tidak harus mahal, karena banyak jenis makanan yang murah, namun kaya gizi dan berkualitas untuk tubuh. Oleh karena itulah, orangtua harus pintar-pintar dalam memilih jenis makanan untuk anak.

  1. Keadaan ekonomi

Keadaan ekonomi keluarga yang sulit juga menyebabkan gizi buruk pada anak. Faktor ini sangat berpengaruh, karena pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan kebutuhan gizinya menjadi tidak terpenuhi. Apabila hal itu terjadi dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan anak kekurangan gizi.

  1. Mengalami penyakit bawaan

Selain karena faktor makanan, anak kurang gizi juga dapat disebabkan karena adanya penyakit bawaan yang mengharuskan anak dirawat di rumah sakit. Misalnya saja penyakit paru-paru atau jantung bawaan.

  1. Mudah infeksi

Penyebab gizi buruk yang terakhir yaitu ketika anak sudah mulai berjalan akan lebih mudah mengalami infeksi atau rentan tertular jenis penyakit-penyakit lain. Jika anak mengalami luka, maka harus segera ada tindakan medis, cara agar luka cepat kering harus dilakukan perawatan secara intensif.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *