Perbandingan Cicil Handphone Lewat Kredivo vs Cankul

Jika mau mencicil hp lewat pinjaman online, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, manfaatkan fitur credit hp tanpa dp yang bisa langsung dibeli lewat transaksi online dari toko online ataupun marketplace dengan metode pembayaran yang disediakan oleh fintech.

Kedua, mengajukan pinjaman tunai kemudian digunakan untuk membeli handphone yang diinginkan. Cara kedua ini cukup berisiko karena bunga yang ditawarkan jadi lebih besar, bukan sebagai bunga pembelian barang tetapi bunga pinjaman tunai.

Nah, kita akan simulasikan bagaimana perbedaannya lewat Kredivo vs Cankul yang memberikan pinjaman tunai.

Bunga Kredivo vs Cankul

Kredivo cukup unik karena untuk pinjaman tunai dan non pinjaman tunai dibedakan dari biaya adminnya saja. Untuk pembelian barang dengan metode cicilan dianggap sebagai pinjaman non tunai, jadi beli barang langsung di toko online, bayar pakai Kredivo tapi tetap bisa dicicil. Bunganya tetap flat ditetapkan 2,6% tetapi tidak dikenakan biaya admin.

Nah, perlakuannya beda jika ceritanya meminjam uang. Jika produk yang digunakan adalah personal loan, maka Kredivo akan memotong dana pinjaman sebesar 6% dari total pinjaman. Jadi, duit yang diterima tidak bulat karena sudah dipotong biaya admin. Ya, anggap saja sebagai pengganti DP, sehingga debitur tidak perlu repot cari dana lain.

Sementara untuk Cankul memberikan bunga 109,5% per tahun. Jika disimulasikan dengan pinjaman sebesar Rp1 juta dalam waktu 120 hari, maka total bunga yang harus dibayarkan sebesar Rp360 ribu. Jika dihitung lagi, maka jatuhnya bunga yang ditetapkan sebesar 9% per bulan dari total pinjaman.

Dari perbandingan tersebut jelas bahwa Cankul memberikan bunga pinjaman tunai lebih tinggi dibandingkan dengan Kredivo. Namun,  bunga yang ditetapkan tersebut masih sesuai dengan pagu standar bunga AFPI maksimal sebesar 0.8% per hari.

Tenor dan limit pinjaman

Kredivo memberikan limit pinjaman sampai dengan Rp30 juta bagi member premium. Untuk tenornya diberikan antara 3 dan 6 bulan khusus untuk pinjaman tunai. Sementara untuk non pinjaman tunai diberikan tenor sampai maksimal 12 bulan. Jadi, kalau kamu mau cicil iPhone Max Pro, sudah cocok pakai Kredivo, karena cicilannya bisa sampai satu tahun.

Cankul memberikan limit pinjaman sampai dengan Rp10 juta dengan jangka waktu tenor antara 91 hari sampai dengan maksimal 180 hari. 

Proses pendaftaran Kredivo vs Cankul

Proses pendaftaran Kredivo maupun Cankul sudah berbasis aplikasi. Untuk Kredivo tersedia aplikasinya di Google Play Store maupun App Store. Sementara Cankul hanya tersedia di Google Play Store saja. Jadi, pastikan jika tertarik melakukan pendaftaran ke salah satunya entah itu Kredivo atau Cankul, bisa langsung mengunduh aplikasinya lewat Google Play Store. 

Syarat pendaftaran Kredivo vs Cankul

Untuk Kredivo layanan tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh WNI berusia 18 sampai dengan 60 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. Selain itu, punya penghasilan paling tidak Rp3 juta per bulan barulah bisa mendaftar menjadi member di Kredivo.

Sementara untuk Cankul tidak ada syarat spesifik selain berusia di atas 21 tahun. Proses pinjaman akan diproses dalam waktu 1×24 jam. 

Kesimpulannya, dari kedua layanan tersebut, jika ingin mencicil handphone dengan cara credit hp tanpa dp, disarankan menggunakan Kredivo. Bunga lebih rendah, plafon juga lebih tinggi. Selain itu, Kredivo sudah bisa digunakan untuk transaksi offline. Jadi, bisa langsung beli handphonenya di konter resmi seperti Erafon ataupun Electronic City dengan mudah. 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *