Panduan Memakai Jam Tangan Olahraga Agar Selalu Nyaman

main image


Jam tangan merupakan aksesoris yang sering dikenakan banyak orang. Ada pun jam tangan olahraga yang lebih fungsional karena terdapat berbagai kegunaan di dalamnya. Jam tangan sekarang ini juga hadir dalam beragam gaya, ukuran, warna dan bisa dipakai sebagai perhiasan untuk menunjang gaya. Meskipun jam tangan memiliki fungsi utama untuk mengetahui waktu terkini, ada beberapa hal penting yang harus dipahami pada saat menggunakan produk arloji tersebut. Sehingga kalian bisa mengenakan jam tangan paling tepat sesuai situasi dan keperluan.

Beberapa Tips Dalam Penggunaan Jam Tangan

Di bawah ini akan dibahas tips dalam mengenakan arloji atau jam tangan agar bisa menunjang kenyamanan pemakaian dan juga lebih aman.

Sesuaikan ukuran jam tangan

Jangan sampai anda mengenakan jam tangan yang ukurannya terlalu besar. Biasanya ukuran jam tangan itu sendiri dalam satuan milimeter. Ukuran jam tangan untuk pria rata-rata 34 mm hingga 50 mm. Hindari mengenakan jam yang ukurannya lebih besar dari 50 mm. Sementara ukuran paling standar untuk wanita yaitu 34 mm hingga 40 mm.

Memilih pergelangan tangan yang paling tepat

Sebenarnya tak ada sisi pemakaian jam tangan yang paling tepat. Jadi, kalian bisa pilih saja pergelangan tangan untuk mengenakan jam tangan. Pastikan pemakaian jam tangan ini tidak menghalangi gerakan atau keleluasaan anda. Biasanya tidak ada tangan yang paling dominan, mungkin juga kita tidak nyaman menulis jika arloji ada di bawah. Jadi, sesuaikan saja penggunaan jam tangan dengan kebutuhan dan kegiatan anda. Jangan terlalu memaksa jika memang dirasa tidak nyaman.

Pakai jam sampai tulang pergelangan

Lebih baik pastikan posisi jam tangan tepat di tulang luar pergelangan. Saat memakai kemeja dengan lengan panjang, maka jam tangan biasanya tidak terlihat. Tetapi bisa juta jam tangan terlihat sepenuhnya kalau lengan ditekuk. Lalu bisa juga diatur kancingnya agak ke atas.

Memakai tali dengan tepat

Memakai jam tangan tentu perlu membuat kita nyaman dan terlihat alami juga. Biasanya ada banyak lubang yang bisa membuat erat jam tangan yang dikenakan. Tetapi ada kalanya juga lubang yang diinginkan tidak ada karena tali atau strap jam tangan terlalu panjang. Kita bisa mengakalinya dengan membuat lubang sendiri. Kita bisa meminta tolong tukang jam tangan juga untuk memakai alat khususnya agar bisa membuat lubang tersebut.

Itulah berbagai macam hal yang perlu dipahami jika ingin mengenakan arloji. Ada juga poin-poin penting lain yang lebih baik dipahami. Beberapa produk jam tangan, misalnya seperti jam formal dan jam olahraga, mempunyai sistem cabang yang memungkinkan kita dengan mudah menyetel keeratan sehingga bisa leluasa mengencangkan atau mengendurkannya. Ada juga jam tangan formal atau kasual yang menyediakan sistem pengikat lebih rumit. Semuanya harus disesuaikan dengan selera anda dalam mengenakan jam tangan.

Meski jam tangan merupakan aksesoris yang kecil, tetapi harus diperhatikan dari setiap komponen jam tersebut. Karena jam tangan bisa meningkatkan kepercayaan diri jika memang kita nyaman memakainya. Bagi seorang pria, sudah seharusnya jangan memakai jam tangan longgar pada pergelangan tangannya. Setidaknya ada satu inci jarak ke pergelangan tangan sehingga lebih leluasa. Jika terlalu ketat, tentu tidak akan terasa nyaman dan bahkan mengganggu kegiatan sehari-hari. Bisa juga membuat kita mudah berkeringat pada bagian pergelangan tangan, pastikan jam tangan tak boleh terpeleset juga.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *