Fakta dan Mitos Seputar Penyakit Kanker Yang Perlu Anda Ketahui, Simak!

Salah Satu Kanker Paling Mematikan, Ini 5 Fakta Kanker Pankreas

Telah terjadi banyak penyimpangan seputar penyakit kanker mulai dari mitos-mitos yang menyebar luas bagai virus. Beberapa mitos tersebut memiliki kisah yang sama sekali belum dapat dibuktikan kebenarannya, hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan fakta yang sebenarnya. Tentu kita sebagai manusia yang memiliki integritas harus tahu betul mana hal yang boleh dipercaya untuk dijadikan pegangan dan mana hal yang tidak memiliki kebenaran. Nah kali ini kami akan memberikan informasi seputar fakta dan mitos seputar penyakit kanker, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Mitos, Superfoods dapat mencegah kanker

Ya banyak sekali informasi yang simpang siur seputar superfoods yang dapat mencegah kanker, padahal hal itu adalah mitos. Faktanya makanan yang dapat mencegah kanker antara lain adalah blueberi, brokoli, bawang putih, ubi bit, dan teh hijau sama sekali belum terbukti dapat mencegah penyakit kanker. Hanya saja semua makanan tersebut memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh sebab makanan tersebut mangandung antioksidan yang dapat menghilangkan elemen beracun di dalam tubuh. Tentunya hal yang sangat berlebihan jika suatu makanan dapat dijadikan sebagai perlindungan terhadap sel kanker sebab, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda terhadao reaksi kanker.

2. Mitos, Pengobatan kanker malah menambah parah

Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih mencari pengobatan alternative ketimbang pengobatan yang sesungguhnya. Banyak sekali berita hoax yang menyebutkan bahwa pengobatan kanker hati membuat kanker menjadi lebih parah padahal tidak seperti itu. Mungkin saja mereka menganalisis dari segi efek samping yang terbilang ekstrem terhadap pasien yang menjalani pengobatan kanker seperti keomterapi dan terapi radiasi. Padahal efek samping yang ekstrem tersebut dikarenakan banyak orang yang menjalani pengobatan kanker saat stadium akhir dan tentu saja hal itu memerlukan pengobatan yang lebih agresif lagi supaya pasien tersebut dapat memiliki kesempatan untuk sembuh dari kanker.

3. MITOS : Ponsel, komputer, dan oven microwave dapat memicu kanker

Mitos ini telah banyak beredar luas dan dipercaya oleh banyak orang. Hal itu dimulai ketika ada orang yang memiliki pandangan bahwa radiasi dapat mempengaruhi orang terkena penyakit kanker. Hal itu juga dipicu oleh berita bom atom pada Perang Dunia 2 yang menyebabkan tersbarnya radioaktid serta krisis Chernobyl dimana kejadian tersebut memakan banyak kasus kanker yang disebabkan oleh radiasi. Padahal fakatanya barang-barang seperti ponsel, komputer, dan oven microwave hanya memiliki gelombang radio dengan frekuensi yang rendah. Tentu saja hal itu tidak mampu merusak gen terhadap lingkunga selitar dan belum ada satu pun kasus kanker yang disebabkan karena barang-barang tersebut.

4. Mitos, Mewarnai rambut dapat memicu kanker

Mitos yang satu ini memang cukup aneh dan tidak masuk di akal sebab jauh dari kebenaran yang ada. Awalnya mitos ini beredar dari suatu penelitian yang dilakukan dalam beberapa decade lalu, dan hal itu terjadi ketika orang-orang masih belum banyak pengetahuan seputar penyakit kanker. Wajar saja karena dahulu belum ada teknologi seperti internet untuk mengetahui informasi. Memang benar adanya bahwa dahulu bahan kimia tertentu digunakan sebagai bahwn pewarna rambut dan dalam penelitian tersebut telah ditemukan bersifat kanker yang diuji terhadap hewan. Tetapi bahan tersebut sudah dihilangkan sejak tahun 1970 lalu. Maka dari itu kamu tidak perlu khawatir.

Nah itulah beberapa informasi mengenai mitos dan fakta seputar penyakit kanker. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *