Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Jika kamu penggemar iPhone dan berencana membeli iPhone bekas, maka kamu harus hati-hati dan cermat dalam membeli supaya tidak tertipu membeli iPhone asli tapi palsu.

Para fans boy pasti akan menunggu setiap tahunnya untuk seri terbaru iPhone. Mereka pasti ingin tahu, inovasi apalagi yang akan dihadirkan. Tak heran jika ada iPhone baru keluar, credit hp tanpa dp jadi salah satu alternatif paling rasional demi mendapatkan iPhone idaman.

Tapi, mungkin bagi sebagian dari kamu ada yang berencana membeli iPhone bekas karena harganya lebih terjangkau. Iphone bekas memiliki harga yang cukup stabil di pasaran. Tak heran jika harga iPhone bekas pun masih cukup tinggi. 

Berikut tips untuk membeli iPhone bekas supaya tidak tertipu dengan beberapa modus iPhone asli tapi palsu yang sangat merugikan.

Pilih tipe iPhone yang masih recommended

Iphone yang masih recommended adalah iPhone yang masih mendapatkan update iOS terbaru. Kamu harus mencari tahu iPhone tipe apa yang akan atau sudah dihentikan update iOS ke tahap yang paling baru.

Jangan sampai kamu terlanjur membeli iPhone yang iOS-nya sudah kadaluarsa. Alhasil kamu tidak bisa update software atau mendapatkan aplikasi-aplikasi yang baru. Risikonya adalah soal security. Hal yang selama ini memang jadi prioritas bagi para pengguna iPhone. 

Sebaiknya pilih yang bergaransi

Beruntunglah jika kamu membeli iPhone bekas tapi tetap mendapatkan garansi. iPhone bergaransi bisa menambahkan value sebagai barang bekas. Kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan.

Bagaimana cara mendapatkannya? Beberapa marketplace atau ecommerce, ada yang spesifik menjual iPhone bekas bergaransi. Garansi yang diberikan adalah garansi toko. Paling tidak, jika ada kerusakan atau permasalahan pada iPhone kamu, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan selama masih dalam masa garansi.

Opsi lain jika lewat marketplace, kamu bisa membayar dengan cara credit hp tanpa dp. Beberapa sudah terintegrasi pembayarannya dengan fintech tepercaya dan diawasi oleh OJK seperti Kredivo.

Kredivo juga berikan keuntungan cicilan nol persen selama 3 bulan tanpa bunga. Cukup bayar admin saja sebesar 3% dari total pembelian barang. Kamu bisa mencicil dengan minimum pembelian di keranjang sebesar Rp500 ribu. 

Daftarnya juga mudah, pun limit yang diberikan bisa hingga Rp30 juta. Jika, ada limit sebesar itu, kamu malah berpeluang membeli iPhone baru dengan cara bayar secara kredit. Untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan, tetap diberikan bunga rendah 2,6% saja per bulan. Jika memilih tenor 12 bulan, cicilannya hanya 1jutaan saja. 

Jangan membeli barang refurbished

Sudah dijelaskan bahwa tidak ada garansi internasional pada iPhone yang bisa diklaim di dalam negeri. Tapi masih saja banyak penjual yang menggunakan embel-embel itu untuk meyakinkan pembeli, padahal barang yang ia jual adalah refurbished alias barang yang sudah rusak tapi direkondisi sehingga bisa terlihat normal.

Jika kamu salah membeli barang ini, sama saja kamu mendapatkan iPhone palsu, karena garansi dan nomer seri hp nya yang tidak jelas. 

Pastikan iCloud aman

Pastikan fitur iCloud aman, sebab iPhone akan meminta akses iCloud kamu dan passwordnya setiap kamu melakukan hal-hal penting, salah satunya menginstal aplikasi.

Jika kamu membeli iPhone bekas, hapuslah iCloud pengguna lama. Reset ulang dari awal settingan hp kamu. 

Selain itu, pastikan fitur Find My iPhone sudah terhapus juga, untuk menghindari hp kamu digunakan dari jarak jauh oleh pengguna lama.

Pastikan semua fitur berjalan dengan baik

Tentunya hal ini menjadi pertimbangan. Meskipun bekas, jangan sampai ada fitur-fitur iPhone yang cacat dan tidak bisa digunakan seperti ketika kondisi baru.

Kamu bisa mulai mengecek tombol home-nya. Pastikan responnya masih baik dan aman. Selain itu ada juga teknologi fingerprint, pastikan itu masih bisa mendeteksi sidik jari kamu.

Cek kondisi charger dan socketnya di hp. Apakah masih bisa di charge dalam keadaan normal dan stabil?

Masukkan kartu sim card pada iPhone bekas dan cek bagaimana jaringan seluler nya bekerja. Jika sering terjatuh, mungkin saja jaringannya kini sudah tidak stabil.

Cek juga tombol-tombol yang lain seperti tombol power dan volume, apakah masih merespon dengan baik atau tidak. Selain itu pastikan juga bodi apapun tidak ada lecet dan kerusakan serius, pastikan ia masih mulus meskipun tidak seperti yang baru.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin membeli iPhone bekas berkualitas supaya tidak tertipu barang palsu. Selalu waspada dan teliti saat membeli iPhone bekas.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *