Mengenal 10 Manfaat Strawberry Untuk Ibu Hamil

Strawberry Super pack  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Setiap calon ibu tentunya akan sangat memperhatikan asupan dan jenis makanan yang dikonsumsinya guna menjaga Si Kecil yang berada dalam perut. Asupan dan jenis makan yang direkomendasikan yaitu buah dan sayuran. Strawberry adalah salah satu buah yang tidak boleh terlewatkan selama masa kehamilan.

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil sangat banyak, sehingga sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsinya. Lantas, apa saja manfaat strawberry untuk ibu hamil? Simak ulasan dibawah ini !

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat strawberry yang pertama untuk ibu hamil yaitu menjaga daya tahan tubuh. Selain berperan dalam mempertahankan sistem imun tubuh, kandungan vitamin C dalam buah strawberry juga membantu penyerapan zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

  • Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sangat penting selama masa kehamilan. Strawberry mengandung sekitar 400 mcg asam folat yang membantu mengurangi risiko cacat saat kelahiran sebanyak 50 persen.

  • Memberikan Energi

Tahukah kamu kalau buah strawberry bisa menjadi sumber energi instan? Hal itu lantaran strawberry mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi bagi calon ibu dan janin.

  • Baik Untuk Perkembangan Tubuh, Pencernaan, Dan Hormon

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil selanjutnya yaitu membantu perkembangan tubuh, pencernaan seperti sembelit, serta regulasi hormon. Hal itu berkat kandungan serat dan vitamin B6 didalam strawberry.

  • Memiliki Banyak Senyawa Potasium

Buah strawberry mengandung senyawa potasium yang bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah, fungsi saraf, kadar elektrolit, dan juga kontrol otot dari ibu hamil.

  • Mencegah Cacat Janin

Strawberry juga mengandung vitamin B9 atau asam folat tinggi. Kedua nutrisi itu mampu membantu proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan normal janin. Mengonsumsi buah strawberry segar secara rutin setiap hari bisa menurunkan risiko janin cacat dan menghindari terjadinya keguguran.

  • Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Anemia saat hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, rendahnya berat badan bayi lahir, dan mengalami depresi pasca melahirkan. Solusinya, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah strawberry secara rutin.

Sebab, salah satu manfaat lain dari strawberry untuk ibu hamil adalah menjadi makanan sumber zat besi yang bisa mencegah anemia. Selain itu, ibu hamil pun bisa mengonsumsi jenis sumber zat besi lainnya seperti sayuran hijau, telur, daging, dan juga vitamin prenatal sesuai dengan anjuran dokter.

  • Mencukupi Kebutuhan Cairan Harian

Mengonsumsi strawberry saat hamil juga bisa mencegah dehidrasi. Pasalnya, strawberry merupakan buah yang kaya air. Faktanya, 90% dari buah strawberry adalah air. Apalagi, kebutuhan cairan ibu hamil tinggi. Sehingga sangat penting bagi ibu hamil untuk rutin mengonsumsi buah yang kaya air ini.

  • Mengatasi Mual Saat Hamil

Manfaat buah strawberry untuk ibu hamil yang lainnya yaitu membantu mengatasi rasa mual yang sering muncul di trimester pertama kehamilan. Rasa manis, asam, serta kandungan air didalam buah strawberry mampu mengalihkan rasa mual dan menyegarkan.

  • Mencegah Preeklampasia Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami tekanan darah tinggi. Jika tidak segera diatasi, maka kondisi tersebut bisa menyebabkan preeklampsia. Kandungan kalium pada strawberry dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan saat hamil serta mencegah preeclampsia. Selain itu, kalium pun bisa mengatasi kram kaki yang kerap dialami ibu hamil.

Ibu hamil tak perlu ragu mengonsumsi strawberry, tidak hanya aman, buah ini juga tidak berpotensi menimbulkan kontraksi pada perut.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *