Beberapa Sifat Wajib Allah

Meneladani Sifat Allah Maha Adil, Al-Adl, dalam Kehidupan

Dalam Islam dikenal dengan istilah rukun iman. Lantas apa itu rukun iman?

Rukun iman sendiri berasal dari dua suku kata, yakni ‘Rukun’ artinya pilar atau tiang, sedangkan ‘Iman’ artinya kepercayaan. Jadi, rukun iman ini artinya pilar/tiang keimanan yang harus dimiliki oleh setiap muslim di seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rukun iman terdiri dari 6 pilar. Dalam sebuah hadits menyebutkan

Artinya:

“Keimanan itu ialah engkau akan percaya (beriman) pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir (kiamat) dan engkau akan percaya kepada takdir baik dan buruk dari pada-Nya.” (HR. Muslim).

Nah, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas rukun iman yang pertama yakni beriman kepada Allah.

Seperti yang diketahui bahwa Allah memiliki banyak sifat wajib karena Allah adalah Zat Yang Maha Sempurna. Akan tetapi, menurut dalil, hanya ada 20 sifat wajib Allah yang harus diketahui. Berikut beberapa sifat wajib Allah yang harus anda ketahui:

  • Wujud (Ada)

Wujud disini artinya Allah itu zat yang pasti ada. Dia berdiri sendiri, tidak diciptakan oleh siapapun dan tidak ada Tuhan selain Allah Ta’ala.

Lalu apa buktinya kalau Allah itu ada? Adapun bukti adanya Allah adalah Allah menciptakan alam semesta ini dan semua makhluk hidup di muka bumi. Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman dalam surat As-Sajadah :

“Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dalam enam masa, kemudian Ia bersemayam di atas ‘Arsy. Tidak ada bagi kamu selain daripada-Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa’at. Maka kamu tidak memperhatikan?” (QS. As-Sajadah : 4)

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku,” (QS. Thaha : 14).

  • Iradat (Berkehendak)

Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Iradat yang artinya Allah berkehendak atas segala suatu. Maka dari itu, semua peristiwa yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Allah Subhana wa Ta’ala. Jika Allah berkehendak, maka jadilah dan tidak akan ada seorangpun yang bisa mencegah-Nya.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap aoa yang Dia kehendaki.” (QS. Hud : 107).

“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya : “Jadilah!” maka terjadilan ia.” (QS. Yasiin) : 82).

  • Basar (Melihat)

Basar artinya Allah Maha melihat segala sesuatu. Semua peristiwa yang ada di dunia ini tidak ada yang luput dari penglihatan Allah Subhana wa Ta’ala. Karena penglihatan Allah ini tidak terbatas.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Dan Allah melihat atas apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hujurat) : 18)

“Dan sesungguhnya perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. Al-Baqarah : 265).

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang beberapa sifat wajib Allah yang harus diketahui, semoga bermanfaat.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *