Gejala yang Paling Umum dari Ankylosing Spondylitis

Ankylosing Spondylitis: Penyebab, Gejala, Komplikasi, Pengobatan

Ankylosing Spondylitismerupakan salah satu bentuk radang sendi yang paling sering menyerang bagian belakang tulang, kondisi yang satu ini membuat area tulang leher, tulang rusuk, dan juga area punggung jadi terasa nyeri serta terasa kaku.  Jika terus di biarkan penyakit yang satu ini bisa membuat tulang- tulang kecil yang terdapat di tulang belakang jadi menyatu, hal ini akan menjadikan Anda tidak fleksibel.

            Jika kasusnya sudah semakin serius dan penggabungan tulang sudah terjadi makan akan membuat postur tubuh And jadi bungkuk ke bagian depan. Penyakit Ankylosing spondylitis ini termasuk kedalam jenis penyakit kronis yang tidak bisa untuk di sembuhkan. Tapi tetap akan di lakukan pengobatan guna mengurangi gejala dan juga memperlambat perkembangan dari penyakit ini.

            Sebenarnya Ankylosing spondylitis ini bisa dibilang cukup jarang terjadi, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tapi ada beberapa jenis peradangan yang lainnya yang lebih sering terjadi diantaranya ada rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan gout (asam urat). Biasanya penyakit ini lebih sering dialami oleh pria di bandingkan wanita. Untuk usia, biasaya ankylosing spondylitis ini terjadi di usia di bawah 45 tahun.

Gejala dan Tanda dari Ankylosing Spondylitis

            Gejala dan juga tanda dari Ankylosing Spondylitis ini cukup beragam untuk tiap orang, tapi di awal kemunculannya gejala yang paling umum muncul adalah:

  • Sakit atau nyeri di bagian punggung bagian bawah dan pinggul, hal ini biasanya terjadi selama beberapa hari selama 30 menit rasa nyerinya bisa mereda jika melakukan sebuah aktivitas, dan di malam hari kadang juga rasa nyerinya muncul dan bisa membuat Anda terbagun dari tidur
  • Kaku pada punggung bagian bawah, hal yang satu ini lebih sering terjadi di pagi hari atau bisa juga terjadi saat beristirahat terlalu lama.
  • Terasa sangat lelah

Semua gejala yang telah di sebutkan di atas biasanya akan berkembang secara perlahan dalam beberapa minggu, tahun, atau bulan, rasa sakitnya juga akan hilang timbul. Jika terus di biarkan nantinya rasa sakit ini akan terus menjalar sampai ke bagian sendi yang lainnya misalnya paha, bahu ,hingga bagian leher.

            Di beberapa orang mungkin bisa juga mengalam kaku dan juga nyeri untuk bagian tulang belikat, tulang rusuk, pergelangan kaki, dan juga sendi lutut. Jika semua bagian tulang tersebut sudah terpengaruhi maka Anda akan membuat Anda jadi kesulitan untuk beraktivitas.

            Selain gejala dan tanda- tanda di atas masih ada beberapa kemungkinan gejala yang bisa timbul, hal ini sangat memungkinkan apalagi jika penyakitnya sudah semakin berkembang. Gejala yang mungkin terjadi diantaranya ada:

  • Penurunan nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Ruam kulit
  • Sakit perut dan diare
  • Perubahan penglihatan
  • Sakit mata
  • Mata kemerahan yang terjadi karena adanya peradangan di area mata
  • Nyeri dada
  • Sesak di sekitar dada
  • Kesulitan untuk menarik napas dalam

Gejala yang sudah disebutkan di atas mungkin saja ada yang belum tersebutkan, jika Anda sudah mengalami beberapa gejalanya sebaiknya Anda ini segera memerikasakan diri Anda ke dokter supaya Anda segera mendapatkan penanganan. Jika penanganannya cepat makan bisa membuat Anda menghindari resiko yang lebih parah dimasa yang akan datang. Tubuh manusia ini pastiya berbeda, jadi butuh diagnose dan pengobatan yang berbeda. Maka dari itu sebaiknya Anda harus melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kondisi tubuh Anda.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *