7 Penyebab Bisnis Kecil Ditolak Ajukan Pinjaman UMKM

source gambar : pintek.id

Sebagai pebisnis kecil merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman UMKM di lembaga keuangan. Penyebab bisnis kecil ditolak ajukan pinjaman UMKM bisa karena beberapa faktor.

Hal ini tentunya akan berbeda dengan pinjaman UMKM online bagi pebisnis yang sudah besar karena ada kemungkinan bisa membayar angsuran setiap bulan. Maka dari itu perlunya pebisnis kecil untuk mengetahui apa saja syarat wajib yang dibutuhkan dalam mengajukan pinjaman modal.

Penyebab Bisnis Kecil Ditolak Ajukan Pinjaman UMKM

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pebisnis kecil mengenai penolakan pinjaman modal usaha, berikut uraiannya:

1.    Persyaratan Tidak Lengkap

Penyebab pertama yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah persyaratannya tidak lengkap. Bagi peminjam modal usaha harus memperhatikan dengan baik apa saja syarat yang dibutuhkan dalam mengajukan pinjaman, terlebih setiap bank mempunyai syarat yang berbeda-beda.

Maka dari itu teliti dengan baik syarat yang dibuat oleh bank dalam mengajukan pinjaman, pastikan semuanya lengkap agar bisa disetujui. Syarat umum yang harus dipenuhi oleh pihak peminjam adalah identitas diri berupa KTP sesuai alamat domisili, NPWP dan lainnya.

2.    Kepribadian

Penyebab bank menolak pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh debitur salah satunya karena mempunyai kepribadian buruk. Meskipun persyaratan yang dimiliki sudah lengkap namun kepribadian dari debitur tidak benar maka pengajuan pinjaman tidak akan dikabulkan.

Ditolaknya pinjaman juga bisa karena riwayat pada pinjaman sebelumnya yang sangat buruk. Sebelumnya pihak bank akan mengecek riwayat dari pembayaran angsuran yang dilakukan oleh debitur berjalan dengan baik atau tidak, selain itu pihak debitur juga harusnya membayar cicilan sesuai waktunya agar tidak berdampak pada pinjaman berikutnya.

3.    Kriteria Bisnis Tidak Sesuai

Dalam mengabulkan pengajuan pinjaman kredit maka bank akan melihat bisnis yang dijalankan. Apabila ternyata tidak sesuai maka kemungkinan besar akan ditolak oleh lembaga keuangan.

4.    Masuk pada Daftar Negatif

Lembaga keuangan juga memberlakukan pinjaman yang sangat ketat. Penyebab bisnis kecil ditolak ajukan pinjaman UMKM bisa jadi karena masuk dalam daftar negatif.

Pinjaman tidak akan disetujui jika berhubungan dengan perjudian, tindak asusila, perdagangan barang secara ilegal dan penjualan minuman keras. Jika diketahui berhubungan dengan hal itu maka secara otomatis akan ditolak.

5.    Proposal Tidak Layak

Penyebab lain yang membuat pengajuan pinjaman ditolak karena proposal dari debitur tidak layak menerima pinjaman. Biasanya pihak debitur akan membuat proposal pengajuan pinjaman isinya memuat bisnis yang sedang dijalankan.

Apabila ternyata isinya kurang dan tidak sesuai dengan ketentuan pasti akan ditolak oleh pihak kreditur lembaga keuangan. Maka dari itu pahami informasi secara lebih jelas mengenai pengajuan pinjaman pada lembaga keuangan tersebut apa saja yang perlu dicantumkan di dalam proposal.

6.    Presentasi

Selain memang proposal harus baik dan sesuai dengan ketentuan dari lembaga keuangan saat mengajukan pinjaman modal di lembaga keuangan. Namun juga perlu diketahui ada beberapa lembaga keuangan yang akan meminta presentasi proposal tersebut langsung dihadapan pihak bank menjelaskan rincian dari usaha yang tengah dijalankan.

Jika dalam presentasi kurang memuaskan dari pihak kreditur maka bisa menyebabkan pengajuan pinjaman ditolak. Sehingga jangan menyepelekan masalah presentasi ini, Anda sebagai pihak yang mengajukan pinjaman usahakan mampu menjelaskannya secara tepat dan detail agar kreditur siap menyetujui pinjaman kredit.

7.    Jaminan Kredit Tidak Sesuai

Alasan yang menyebabkan pinjaman modal untuk usaha ditolak salah satunya karena jaminan kreditnya tidak sesuai. Nilai dari jaminan kredit tidak boleh di bawahnya standart dari ketentuan yang telah dibuat oleh lembaga keuangan agar bisa disetujui.

Sebagian besar pinjaman memang membutuhkan jaminan kredit agar peminjam bisa mendapatkan dana sesuai dengan kebutuhan untuk menjalankan bisnis. Akan tetapi ketika jaminan memiliki nilai yang tidak sesuai maka bank akan mempertimbangkan pinjaman Anda, kemungkinan besar akan ditolak mengingat nilai aset jaminan kurang besar.

Demikianlah beberapa uraian mengenai penyebab bisnis kecil ditolak ajukan pinjaman UMKM karena berbagai macam faktor. Dari penyebab di atas sebaiknya dihindari agar pengajuan pinjaman modal untuk menjalankan usaha bisa disetujui oleh lembaga keuangan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *