Alasan Pembatalan Timnas Indonesia Tidak Mengikuti FIFA Matchday Maret 2022

Berita Sepakbola Nasional, Liga Indonesia, Jadwal Klasemen - Bola Nusantara
source gambar : bolanusantara.com

Berita sepak bola Indonesia mengabarkan bahwa Timnas Indonesia resmi tidak menjalani FIFA Matchday pada Maret 2022 ini. Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun menjelaskan kenapa Timnas Indonesia tidak akan melakoni partai apapun. Awalnya Timnas Indonesia diupayakan untuk menghadapi lawan-lawan yang cukup kuat di FIFA Matchday Maret 2022.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi menyebut tiga negara yang akan menjadi calon kuat lawan Timnas Indonesia yaitu Uzbekistan, Tajikistan dan Suriname. Tetapi sayang keinginan pendukung untuk melihat Timnas Indonesia berhadapan dengan tim-tim yang lebih kuat tampaknya harus gugur. Karena, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengkonfirmasi Timnas Indonesia batal melakoni partai FIFA Matchday Maret 2022.

  • Alasan Pembatalan Timnas Indonesia Tidak Mengikuti FIFA Matchday Maret 2022

Keputusan tidak mengikuti FIFA Matchday Maret 2022 menurut Ketua Umum PSSi dibuat berdasarkan keinginan sang pelatih, Shin Tae-yong. Iwan Iriawan mengatakan bahwa pihak kepelatihan Timnas Indonesia mengirimi surat kepada PSSI untuk membatalkan FIFA Matchday. Hal tersebut dikarenakan Shin Tae-yong harus menangani Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan jelang Piala Dunia U-20 2023.

Kini Shin Tae-yong dan jajarannya sedang membesut Garuda Muda di pemusatan latihan di Korea Selatan. Iwan menyebutkan, “Menurut Shin Tae-yong laga FIFA Matchday di bulan Maret tidak efektif dan efisien. Hal ini karena dia juga memimpin tim U-20 persiapan Piala Dunia U-20 2023 menjalani pemusatan pelatihan di Korea Selatan”.

“Untuk itu, PSSI memahami permintaan Shin Tae-yong dan mendukung semua program dari dia demi prestasi Timnas Indonesia,” Iwan melanjutkan.

Pelatih Timnas pun Shin Tae-yong turut membuka suara. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak ingin FIFA Matchday mengganggu fokusnya kala membesut Timnas Indonesia U-20.

“Ya, tidak ada pertandingan laga FIFA Matchday di bulan ini. Pada bulan ini kami sedang fokus memberikan untuk tim U-20 di Korea Selatan,” ujarShin Tae-yong.

“Setelah ini, kita harus mempersiapkan pemanggilan pemain untuk pemusatan latihan SEA Games yang diikuti pemain dari klub dalam negeri dan luar negeri. Untuk itu, harus dilakukan komunikasi dari sekarang,”ungkapnya.

Kerugian yang Dialami Timnas Indonesia Karena Tidak Mengikuti FIFA Matchday Maret 2022. Karena absennya di FIFA Matchday 2022, Timnas mengalami banyak kerugian. Squad Garuda kalah start dari kontestan lain yang turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022. Tiga negara Asia Tenggara, Malaysia, Filipina dan Singapura ambil bagian diturnamen segitiga.

Turnamen segitiga tersebut melibatkan tiga negara di atas. Mereka saling bertemu dalam turnamen yang berlangsungdi Stadion Nasional Singapura pada 21-29 Maret 2022. Selain hilang kesempatan untuk unjuk diri, tentunya Timnas Indonesia juga kehilangan poin akibat absen di FIFA Matchday Maret 2022. Padahal jika melaksanakan pertandingan dan mendapatkan hasil positif, posisi Timnas Indonesia akan berada di ranking FIFA.

Tetapi, dikarenakan batal tampil, posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA diprediksi akan mengalami penurunan tajam. Kondisi ini, sungguh sangat disayangkan. Sejumlah pertanyaan muncul di publik, apakah absennya Timnas Indonesia di FIFA Matchday adalah murni permintaan Shin Tae-yong atau memang PSSI kesulitan mencari musuh? Untuk menjawab seluruh pertanyaan, FIFA telah menulis surat untuk dikirim ke sejumlah federasi seperti Uzbekistan, Tajikistan dan Suriname.

Tetapi, uniknya federasi Suriname mengaku belum menerima undangan dari PSSI. Harapannya, sekarang PSSI dapat membantu Shin Tae-yong untuk mendongkrak prestasi Timnas Indonesia di sepakbola tanah air.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *