Apa Itu JavaScript? Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangannya

Easy and Simple Programming with Javascript | Binar Insight

Bahasa pemograman yang sangat sederhana dan paling banyak dipelajari di sekolah dan lembaga yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak dan aplikasi komputer salah satunya adalah bahasa pemrograman Javascript. Javascript tersedia pada tahap awal untuk membantu siswa lebih memahami jenis bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi komputer.

Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada, Javascript sangat erat kaitannya dengan perkembangan sistem berbasis online. Nah, penasaran dengan bahasa pemograman ini? Simak yuk penjelasan apa itu javascript serta kelebihan dan kekurangan dari Javascript!

Kelebihan JavaScript

Tentu saja, sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam pengembangan website dan aplikasi, JavaScript memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman JavaScript.

  • Tidak membutuhkan resource memori yang besar

Dan manfaat pertama dari bahasa pemrograman Javascript menyangkut resource memory. Javascript membutuhkan resource yang relatif sedikit dan ringan.

Hal ini tentunya akan sangat membantu para developer dalam mengembangkan aplikasi yang ringan, namun tetap memiliki banyak fitur dan kegunaan bagi pengguna. Tentu saja, karena tidak memakan banyak ruang, penggunaan RAM lebih mudah.

  • Mudah dipelajari

Bahasa pemrograman akan banyak diadopsi dan dikembangkan jika bahasa pemrogramannya sederhana yang mudah dipelajari dan dimengerti. Nah, bahasa pemrograman javascript ini adalah jenis bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari.

Faktanya, di beberapa sekolah dan kursus bahasa pemrograman, javascript adalah jenis bahasa pemrograman yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh siswa yang terlibat dalam pendidikan. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa pemrograman, javascript sangat cocok untuk dipelajari terlebih dahulu.

  • Dinamis

Dinamis adalah manfaat berikutnya dari bahasa pemrograman Javascript. Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dinamis bersama dengan banyak bahasa pemrograman lainnya.

Dinamika di sini terletak pada fleksibilitas pengembangan aplikasi berbasis Javascript. Selain itu, JavaScript juga mudah untuk diterapkan dan ditambahkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan fungsi-fungsi penting dari aplikasi.

  • Bisa berjalan di banyak sistem operasi

Apa gunanya bahasa pemrograman yang bagus, tetapi hanya yang dapat digunakan oleh sistem operasi tertentu? Tentu sangat percuma, jenis sistem operasi komputer tergantung dari versi yang tersedia.

Oleh karena itu, Javascript menawarkan keuntungan sebagai berikut, yaitu multi platform.

  • Mudah untuk dikembangkan

Keunggulan selanjutnya dari bahasa pemrograman Javascript ini adalah mudah untuk dikembangkan. Ketika sebuah aplikasi dibuat berdasarkan bahasa pemrograman Javascript, aplikasi tersebut dapat dengan mudah dikembangkan.

Ini juga mengacu pada konsep dinamis yang dipromosikan oleh bahasa pemrograman Javascript ini. Aplikasi akan lebih mudah untuk diupdate dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna serta perkembangan teknologi yang ada.

Kekurangan JavaScript

Namun JavaScript juga memiliki beberapa kelemahan, seperti:

  • Masalah keamanan

Masalah keamanan dapat menjadi salah satu kelemahan JavaScript. Kemampuan enkripsi bahasa pemrograman ini masih relatif buruk.

 Dalam beberapa kasus, kode yang dapat dieksekusi di komputer pengguna rentan. Kode JavaScript selalu terlihat karena secara eksplisit ditambahkan ke halaman web sehingga dapat dilihat di browser.

  • Item terbatas

Siapa pun dapat membaca dan menggunakan kembali kode tersebut, bahasa Ini memiliki item terbatas. Bahasa pemrograman JavaScript memiliki objek yang terbatas.

  • Bukan untuk mengembangkan standalone app

JavaScript tidak ditujukan untuk pengembangan aplikasi standalone atau aplikasi standalone. Membangun aplikasi dengan JavaScript harus kompatibel dengan bahasa lain seperti HTML.

JavaScript tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa HTML. Tidak seperti C++ atau Java, yang dapat dikompilasi dan kemudian diubah menjadi aplikasi menggunakan bahasa itu sendiri.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *