Mengenal Doa Setelah Sholat Hajat, Beserta Bacaan dan Manfaatnya

Doa Sholat Hajat yang Mustajab serta Dzikir dan Tata Caranya | Indozone.id

Doa setelah sholat hajat memang ada dan nyatanya bisa diamalkan dengan baik, doa tersebut juga dianggap sebagai mustajab karena yang membacanya akan mendapatkan kemudahan dalam beraktivitas. Mau tahu bagaimana niat dan cara menunaikannya yang tepat? Jangan lupa untuk membaca informasi berikut sampai habis.

  1. Mengenal Sholat Hajat

Jadi, apa itu sholat hajat? Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan karena adanya suatu hajat. Maksud dari hajat itu sendiri adalah keinginan maupun keperluan tertentu.

Niat maupun doa setelah sholat hajat juga bisa berhubungan dengan keperluan apapun. Misalnya saja, guna mendapatkan jodoh yang dicari selama ini atau melancarkan rezeki.

  1. Bacaan Niat Sholat Hajat

Nah, sebelum beranjak pada bacaan doa setelah sholat hajat, Anda harus mengetahui bacaan dari niatnya terlebih dahulu. Bacaannya sendiri adalah usholli sunnatal-haajati rak’atayni lilllahi ta’ala yang artinya aku berniat menjalankan sholat sunah hajat untuk dua raka’at karena Allah ta’aala, Allahu Akbar.

  1. Takbiratul Ihram dengan Berdiri

Anda juga harus melaksanakan takbiratul Ihram dengan berdiri jika mampu. Takbir sendiri memiliki arti perbesar yang diikuti oleh frasa Arab Allahu Akbar dan artinya adalah Allah Maha Besar.

Seruan ini memang biasanya dikumandangkan oleh umat Muslim untuk memuliakan nama Allah atau Tuhan. Rasulullah SAW mengajarkan dengan membaca takbir secara lantang, sehingga makmum-makmum di belakangnya pun dapat mendengarkan.

Disarankan untuk berhenti sejenak saat mengucapkan ‘hu’ yang berasal dari kata Allahu, selain itu, Anda bisa untuk tidak menggabungkannya dengan a yang merupakan awalan dari kata Akbar. Dengan begitu, Takbirotul Ilham yang dilaksanakan tidak terdengar layaknya Anda melafalkan huwa atau Allahu Akbar.

  1. Doa Iftitah

Dalam sholat hajat, Anda pun bisa membacakan doa Iftitah yang juga termasuk dalam doa sunnah. Namun, tentunya Anda wajib untuk mengetahui, apalagi takbiratul Ihram yang dilakukan sebelum doa Iftitah merupakan rukun Islam.

Doa Iftitah memiliki makna sebagai dzikir untuk berbuka puasa, dimana biasanya akan dibacakan sesudah takbiratul ihram.

  1. Bacaan Surat Al-Kafirun

Selanjutnya, Anda akan membacakan surat Al-Kafirun sebanyak tiga kali untuk rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua. Kalau sudah diselesaikan, ruku secara tuma’ninah bisa dilakukan.

I’tidal atau bangun dari ruku sesudah melakukannya dan tetap secara tuma’ninah, sujud juga dilakukan secara tuma’ninah dan duduk di antara sujud. Lanjutkan dengan sujud kedua dan membaca tahiyat atau tasyahud.

  1. Bacaan sebelum Doa Setelah Sholat Hajat

Sebelum membacakan doa setelah sholat, Anda harus melakukan istighfar sebanyak 100 kali atau minimal 33 kali. Setelah itu, bacalah sholawat nabi dan doa hajat yang langkah-langkahnya serupa dengan sebelumnya, bersujudlah dan doakan dia Nabi Yunus sebanyak 10 kali yang dilanjutkan dengan memohon hajat.

  1. Doa Setelah Sholat Hajat yang Benar

Bacaan yang benar adalah la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin yang memiliki arti tidak ada Tuhan, selain Engkau. Maha Suci bagimu, sesungguhnya aku termasuk dalam orang-orang zalim.

  1. Cara Memanjatkan Keinginan

Anda bisa memanjatkan hajat atau keinginan dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Bacalah doa yang telah dihafalkan atau disiapkan, sesuai dengan hajat atau kebutuhan yang dimiliki secara khusus.

Setelah mengetahui bacaan dari doa setelah shalat hajat, Anda tidak boleh lagi lupa untuk melaksanakannya. Anda bisa mengamalkannya dengan baik, bukan semata-mata untuk memanjatkan keinginan, tetapi menunaikan ibadah dan melakukannya secara tulus.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *